Metode pengajaran TAI adalah suatu metode pengajaran yang dikemukakan oleh Slavin. Metode pengajaran ini merupakan teori belajar konstruktivisme yang berdasarkan pada teori belajar kognitif. Dalam hal ini peran pendidik hanya sebagai fasilitator dan mediator dalam proses belajar mengajar. Pendidik cukup menciptakan kondisi lingkungan belajar yang kondusif bagi peserta didiknya. Pada pengakaran TAI, pendidik memotivasi siswa untuk membantu anggota kelompoknya sehingga tercipta semangat dan sistem kompetisi dengan sedikit menonjolkan peran individu tanpa mengorbankan aspek kooperatif.
Secara umum TAI terdiri dari 8 komponen, yaitu (1) kelompok / tim, fungsi utama dari tim adalah membentuk semua siswa agar mengingat materi yang telah diberikan dan lebih memahami materi yang nantinya digunakan dalan persiapan mengerjakan lembar kerja sehingga bisa mengerjakan dengan baik; (2) tes pengelompokan, siswa-siswa diberi tes awal pada program pangajaran. Hasil dari tes awal digunakan untuk membuat kelompok berdasarkan poin yang mereka peroleh; (3) materi kurikulum, pada proses pengajaran harus disesuaikan dengan materi yang terdapat pada kurikulum yang berlaku dengan menerapkan teknik dan strategi pemecahan masalah untuk penguasaan materi; (4) kelompok belajar, berdasarkan tes pengelompokan, maka dibentuk kelompok belajar. Siswa dalam kelompoknya mendengarkan presentasi dari guru dan mengerjakan lembar kerja. Jika ada siswa yang belum paham tentang materi belajar dapat bertanya pada anggota lainnya atau ketua yang telah ditunjuk, kalau belum paham juga baru meminta penjelasan dari guru; (5) penilaian dan pengakuan tim, setelah diberikannya tes, kemudian tes tersebut dikoreksi dan dinilai berdasarkan kriteria tertentu, tim akan mendapatkan sertifikat/penghargaan atau sejenisnya jika dapat melampaui kriteria yang telah ditentukan; (6) mengajar kelompok, materi pelajaran yang belum dipahami oleh suatu kelompok dapat ditanyakan kepada guru dan guru menjelaskan materi pada kelompok tersebut; (7) lembar kerja, pada setiap sub konsep pokok bahasan lembar kerja secara individual untuk mengetahui tentang pemahaman individu. Bahan atau materi dapat berupa ringkasan materi yang dipelajari di rumah kemudian pertemuan selanjutnya dikerjakan; (8) mengajar seluruh kelas, setelah akhir dari pengajaran pokok bahasan suatu materi, guru menghentikan program pengelompokan dan menjelaskan konsep-konsep yang belum dipahami dengan strategi pemecahan masalah yang relevan. Pada akhir pengajaran diberikan kesimpulan dari materi.
Teruskan membaca
Komentar Terbaru