Analisis tentang Makan dan Minum Sambil Berdiri ?

standing up

Dari Anas dan Qatadah, Rasulullah saw bersabda: Sesungguhnya beliau melarang seseorang minum sambil berdiri, Qotadah berkata:”Bagaimana dengan makan?” beliau menjawab: “Itu lebih buruk lagi”. (HR.Muslim dan Turmidzi)

bersabda Nabi dari Abu Hurairah,“Jangan kalian minum sambil berdiri ! Apabila kalian lupa, maka hendaknya ia muntahkan !” (HR. Muslim)
Dalam Hadits tersebut terungkapkan bahwa adanya larangan makan dan minum dengan berdiri. Kadang kita sering melaksanakan hal tersebut dengan santai dan tanpa berpikir kenapa. Banyak diantara kita yang berpikir hal tersebut dilarang hanya karena adat kesopanan dan menghargai saja. Bahkan sekarang dalam acara ceremonial tertentu, seperti kegiatan kantor, pemerintah bahkan acara perkawinan pun dilaksanakan dengan standing party. Terkadang kita terbawa oleh budaya yang sebenarnya bukan budaya yang tepat tetapi sudah dianggap tran modern. Namun apakah sebenarnya ada rahasia dibalik larangan tersebut? Berikut uraian singkatnya :
Rahasia Medis

METODE MENGAJAR IPA

Mengajar IPA
Mengajar

Banyak metode yang bisa digunakan untuk mengajar IPA, setiap metode cocok diterapkan untuk materi pelajaran tertentu. Metode itu tidak ada yang bagus tetapi juga tidak ada yang jelek, sangat tergantung pada kemampuan guru yang menggunakannya. Marilah kita lihat satu persatu metode yang sering digunakan dalam pembelajaran IPA.

Metode Ceramah
Pengertian:

Cara penyajian pelajaran oleh guru dengan cara memberikan penjelasan secara lisan kepada siswa

Tujuan Metode ceramah :
•   Menyampaikan bahan yang bersifat informatif dan juga untuk memberitahukan penemuan-penemuan yang langka dan belum meluas

Teruskan membaca

Fungsi Pendidikan

Fungsi Pendidikan

A.     Pendidikan sebagai Ilmu Normatif

Tujuan pendidikan merupakan hal yang paling utama pada zaman Yunani kuno. Karena pada zaman itu, terdapat pandangan bahwa manusia adalah makhluk bermain (homo ludens). Jadi uyang utama adalah pendidikan jasmani, karena dalam tubuh yang sehat terdapat pula jiwa yang sehat (mensana incorpore sano). Begitu pula Eropa Barat yang memiliki pandangan bahwa manusia adalah makhluk berpikir (homo sapiens). Akal sebagai pangkal tolak. Orang sangat menjunjung tinggi akal, baik akal teoritis maupun praktis. Dengan akal manusia menghasilkan pengetahuan, dengan pengetahuan manusia berbuat baik dalam pengertian sempurna.
Ilmu pendidikan diarahkan kepada perbuatan mendidik yang punya tujuan, dan tujuan itu ditentukan oleh nilai yang dijunjung tinggi oleh seseorang. Sedang nilai itu sendiri merupakan ukuran yang bersifat normatif, sehingga dapat ditegaskan bahwa ilmu pendidikan adalah ilmu yang bersifat normatif.

Teruskan membaca

Metode Kooperatif

Slavin (1995:2) menegaskan bahwa “Belajar kooperatif merupakan metode belajar yang mana siswa bekerja dalam suatu kelompok yang saling berinteraksi antar anggota kelompok dengan cara saling membantu satu sama lainnya dalam dunia pendidikan”.Belajar kooperatif merupakan salah satu bentuk pembelajaran yang mengarah pada paham konstruktivisme. Dalam teori konstruktivisme, peserta didik harus menemikan sendiri dan memecahkan informasi baru dengan aturan lama dan merevisinya apabila aturan-aturan itu tidak sesuai lagi. Sesuai dengan disiplin ilmu kimia dimana dalam hal ini perkembangan dalam dunia kimia sangat dinamis, maka kondisi seperti ini mutlak diperlukan. Oleh karena itu agar peserta didik benar-benar memahami, mereka harus bekerja sama untuk memecahkan masalah dan kesulitan yang ada dengan ide-ide dan kemampuannya.
Peserta didik akan lebih mudah menemukan dan mengerti akan konsep-konsep yang sulit jika mereka dapat membicarakan dan mendiskusikan masalah tersebut dengan temannya. Peserta didik secara rutin bekerja dalam kelompok yang terdiri dari 4-5 orang untuk saling membentu memecahkan masalah-masalah dalam hal ini penekanannya pada aspek sosial dalam pembelajaran dan penggunaan kelompok yang sederajat untuk menghasilkan pemikiran.

Chemistry Learning Using TAI and GI Methods Overviewd from the Student’s Curiousity and Creativity

ABSTRACT

The purposes of the research to know: (1) the effect of TAI and GI methods toward learning achievement, (2) the effect of the students’ curiousity toward  learning achievement, (3) the effect of thr students’ creativitytoward learning achievement, (4) the interaction between students’s curiosity with the TAI and GI method to learning achievement, (5) the interaction between students’ creativity with the TAI and GI method one to the learning achievement, (6) the interaction between the curiousity and  students’ creativity to the learning achievement, (7) the interaction between TAI and GI method, curiousity and student’s creativity to the learning achievement, based on subject discussed “reaction velocity”.

            This research was carried from June 2009 to March 2010 by using experimental method. The population was all of students of XIth grade MAN 1 Surakarta. The sample was taken using Purposive Random Sampling, the sample consisted of two classes, the firs-class as a TAI experimental and then as a GI the experiment. The data is collected by the test method and quetionnare. Data were analyzed using three ways of Anova folowed up by Anova Scheffe test.

            From the result of data analysis can be concluded that: (1) there is an influence of  TAI and GI  method of learning achievement, Fa = 49,593  > Ftab = 3.99,  (2) there is an influence of the students’ curiousity to the learning achievement, Fb = 28.983> Ftab = 3.99, (3) there is an influence of students’ creativity to the learning achievement, Fc = 30,682> Ftab = 3.99,  (4) there is an interaction between students curiosity with the TAI and GI method of  learning achievement, Fab = 21,091> Ftab = 3.99,  (5) there is an interaction between students’ creativity with the TAI and GI method of learning achievement, Fac = 30,330 > Ftab = 3.99,  (6) there was no interaction between the curiousity and students’ creativity toward learning achievement, Fabc = 52.40 < Ftab = 3.99, (7) there is no interaction between TAI and GI method, curiousity and students’ creativity toward learning achievement, Fabc = -102,072 < Ftab = 3.99. The implication to learning that is more interesting, meaningfull and that makes student more actif in learning process.

 
Key Word   : TAI (Team Assisted Individualization), GI (Group Investigation), curiousity, creativity.
for more information please contact author.
Translate »