Sari, Bunga Nilam. 2017. The Influence of Model Problem Based Learning (PBL) with a Contextual Approach Toward Student Learning Outcomes In the Environmental Pollution Subject Matter of at SMA PGRI 2 Sampit(Thesis). Palangka Raya: Publicated on IAIN Palangka Raya’s Thesis. Advisor I : Drs. Fahmi, M.Pd., Advisor II : Hj. Nurul Septiana, M.Pd.
Abstract
This research was motivated by the poor performance of student learning on the subject of environmental pollution and learning model used by the teacher was still conventional, resulting in a lack of student motivation, this was encouraging researchers to conduct research using the model of Problem Based Learning (PBL) in order to use the model the learning outcomes of students will increase.
Follow
Banyak dari kita (Tenaga Pendidik) tidak hafal dengan kata kaerja opreasional yang sering digunakan dalam Indikator, baik Kognitif, Afektif maupun pasikomotor. Berikut saya tampilkan tabel kata kerja operasional untuk membuat dan menentukan indikator masuk pada ranah aspek kognitif atau Afektif atau psikomotor berapa. semoga dapat membantu dalam penyusunan indikator.
Polusi atau pencemaran lingkungan adalah masuknya atau dimasukkannya makluk hidup, zat energi, dan atau komponen lain ke dalam lingkungan atau berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia /oleh proses alam sehingga kualitas lingkungan turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya. Pencemaran dapat timbul sebagai akibat kegiatan manusia ataupun disebabkan oleh alam (misal gunung meletus, gas beracun). Karena kegiatan manusia, pencermaran lingkungan dapat terjadi. Pencemaran lingkungan tersebut tidak dapat dihindari. Yang dapat dilakukan adalah mengurangi pencemaran, mengendalikan pencemaran, dan meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap lingkungannya agar tidak mencemari lingkngan.

Komentar Terbaru